belajar dari sepak bola

Musim piala dunia menjadi fenomena 4 tahunan bagi masyarakat dunia. Seluruh pencinta bola tertuju perhatiannya pada perhelatan yang diselenggarakan di Afrika Selatan.
32 negara berkompetisi untuk memboyong tahta tertinggi di dunia sepak bola. Mempertaruhkan gengsi dan mengumbar loyalitas untuk membela negeri tercinta, walau terjadi warna naturalisasi di beberapa negara.
Setidaknya, ada beberapa pelajaran yang sebenarnya bisa kita jadikan referensi dalam metode berprilaku di keseharian dari setiap pertandingan yang kita saksikan.
Satu
Emosi, tentunya, pemain yang melupakan bagaimana mengontrol emosi dilapangan akan menjadi bencana bagi timnya. Ganjaran kartu menanti bagi setiap pelanggaran, kartu merah pastinya akan menjadi hukuman kolektif dan menurunkan semangat permainan.
Dua
Kepemimpinan. Bagi seorang kapten tim, ia harus mampu mengontrol permainan tim, flow serangan, metode bertahan dan menjaga semangat permainan merupakan tanggung jawab yang harus dipikul. Kapten yang tidak memiliki kekonsistenan dalam menjalankan strategi yang telah ditentukan menjadi hal yang paling mengkhawatirkan.
Tiga
Kekompakan. Bagaimana kalau setiap pemain maunya membawa bola sendirian tanpa mengoper ke rekan satu tim?
Empat
Strategi & taktik. Seluruh anggota tim tentunya memiliki tanggung jawab di posnya masing – masing, saat menyerang & waktunya bertahan harus diatur sedemikian rupa hingga kemenangan menjadi jawaban.
Lima
Yang tak kalah pentingnya adalah FAIR PLAY. Walaupun kompetisi ini untuk mencari dan menjadi pemenang, sikap juara yang paling penting adalah jujur dalam permainan, saling menghargai dan NO RASISME.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s