Masyarakat Virtual

Tampaknya, seiring dengan perkembangan teknologi, hubungan antar manusia berubah dengan sangat drastis. Pertemuan tatap muka antar manusia yang biasanya menjadi salah satu proses sosial kini telah tergantikan oleh medium elektronika seperti telepon / handphone dan internet dengan keunggulan fitur surat elektronika (email),  chit chat melalui yahoo messenger & Gtalk hingga jejaring sosial seperti friendster, facebook dan twitter.

Bukan lagi FACE TO FACE tetapi fenomenanya adalah FACE TO MONITOR.

Seringkali kita melihat seseorang yang sedang berhadapan dengan Layar Monitor (baik PC maupun HP) seakan memiliki dunianya sendiri. Tertawa, Sedih bahkan ekspresinya pun merupakan sebuah sensasi yang menakjubkan di saat ia sedang melakukan “komunikasi Virtualnya”.

Dunia sudah tak berjarak. Dimanapun, seseorang bisa berbicara, bercerita, marah dan sedih. ” Tidak ada” dihadapan tetapi “ada” dalam situasi yang dibangun medium berbasis teknologi.

Perubahan pun terjadi. Masyarakat sekarang menjadi masyarakat virtual. Masyarakat yang menghuni fantasinya, dengan gelombang sebagai medium penyampai pesan, keinginan bahkan hasrat.

Sudah tidak jamannya berkirim surat, kartu pos hingga membakar kemenyan untuk mengabarkan suatu hal pada orang di luar diri kita.

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s