Pemuda Sadar Bencana

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, bergema ke seluruh Nusantara. Menjadi sebuah bukti, bahwa pemuda yang memiliki keberanian yang disertai kepekaan sosial yang tinggi, menjadi agen perubahan.

Dari setiap periodenya, pergerakan pemuda tak bisa dipungkiri kekuatan dan pengaruhnya. Dari perang kemerdekaan hingga reformasi 1998, Wajah Republik ini selalu dihiasi Pergerakan Kaum Muda yang Massif.

Dari isu politik, normatif hingga budaya, Pemuda memiliki peranan.

Indonesia terkini, masih memerlukan peran pemuda, yang tangguh dalam bergerak dan peka dalam Isu. Apalagi saat ini, Kondisi Indonesia di penghujung tahun 2009 dihiasi Bencana dan Musibah yang bertubi – tubi.

Peran pemuda, melalui kebijakan pemerintah dan NGO, bisa dimaksimalkan dalam ranah peringatan dini, penanganan bencana dan pengelolaan pasca bencana.

Prinsipnya, harus terbangun kelompok – kelompok pemuda di tiap tingkatan desa dan kota dengan mainstream SADAR BENCANA. PAstinya diperlukan pembekalan – pembekalan khusus mengenai manajemen bencana.

Dalam tataran teknis, para kelompok pemuda ini merupakan agen masyarakat yang sigap disaat terjadinya bencana. Karena, kekuatan alam tidak bisa kita cegah, yang kita mampu adalah meminimalisir resiko dan dampak bencana.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s