LEMAHNYA PERANAN PBB

24 Oktober diperingati sebagai Hari Persatuan Bangsa – Bangsa.

Yang harus kita cermati adalah Peringatan ini bukan hanylah momen pengingat saja, karena di era krisis global saat ini PBB seharusnya memiliki konsep PERSATUAN yang lebih tajam dan mendalam.

Sebagaiamana tujuan awal dibentuknya PBB ini adalah untuk menciptakan perdamaian dunia. Namun, hingga saat ini, peperangan antar bangsa SELALU TERJADI yang didominasi KEPENTINGAN EKONOMI.

Padahal, apabila kita tilik ke belakang, pendirian PBB didahului dengan perundingan oleh negara – negara sekutu yang terlibat dalam perang dunia kedua seperti Amerika, Prancis, Sovyet dan Inggris menuju jalan kedamaian.

Seperti tertuang dalam Piagam PBB yang ditandatangani oleh 50 negara, bahwa PBB didirikan untuk menjaga perdamaian di dunia, mengembangkan hubungan persahabatan antar bangsa, memupuk kerjasama internasional untuk menyelesaikan berbagai masalah ekonomi, sosial, dan budaya, serta mengembangkan penghormatan atas Hak Asasi Manusia dan kebebasan.

Namun, inkonsistensi negara – negara adikuasa khususnya Amerika dan Inggris dengan black idea dari Israel ternyata mencederai isi piagam tersebut.

Dapat diakui negara- negara adikuasa tersebut dengan komposisi Amerika, Cina, Rusia, Inggris dan Prancis memiliki hak veto dalam dewan keamanan PBB karena status mereka sebagai anggota tetap yang pada akhirnya kebijakan yang dikeluarkan pun berporos pada KEPENTINGAN BESAR mereka.

Kita bisa menarik kesimpulan bahwa PBB tidak memiliki taju, Resolusi perdamaian yang tertuang di Piagam PBB tidak berfungsi maksimal.

Peperangan terus bergulir, nyawa – nyawa manusia sungguh tidak lagi berharga, tidak adanya makna dari Kemanusiaan dan kini, Peperangan terus berlangsung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s