Analisa iklan A Mild

A Mild Billiard (Jump Shoot)
Iklan A Mild Billiard tayangan televisi menjadi salah satu bahan untuk dikritik dan kita cermati. Jump Shoot yang mengumpamakan pukulan bola putih yang mengenai sasarannya dengan melompat dan melewati halangan (melompati bola untuk mengenai bola sasaran) yang digambarkan dalam iklan tersebut dengan seseorang yang berkostum putih melompati orang yang kemudian mengenai orang lain setelah melakukan lompatan sangatlah melanggar etika periklanan dari sudut pandang budaya dan diskriminasi seksual.
Di dalam iklan tersebut, orang yang dikenai atau menjadi sasaran adalah perempuan yang berpakaian kuning dan jatuh ke dalam air mancur.
Menjadi pertanyaan bagi kita. Mengapa orang (manusia) yang menjadi obyek dan kenapa harus seorang perempuan yang terlempar kedalam air mancur.
Iklan merupakan strategi yang digunakan oleh produsen untuk meningkatkan citra dan penjualan produk. Dampak dari iklan yang disiarkan di televisi bagi masyarakat adalah pengaruh negatif terhadap moral dan kesadaran nyata.
Di iklan tersebut dapat diartikan kaum perempuan adalah lemah dan selalu tidak berdaya. Dicontohkan dalam tayangan iklan tersebut setelah perempuannya tercebur ke kolam si pelaku (orang yang berkostum putih) tertawa dengan senangnya.
Hal ini dapat merusak moral masyarakat terhadap pandangan mereka terhadp kaum perempuan. Keharusan bagi kita untuk menolak penindasan dalam berbagai bentuk khususnya penindasan terhadap kaum perempuan. Unsure pendidikan yang ada dalam tayangan tersebut adalah unsur negatif.
Iklan seharusnya mampu mengemas isu kreatifnya dengan rapih dan termekanisme ranpa benturan budaya, namu sayangnya para pegiat iklan tidak terampil dalam hal tersebut.
Kasus ini merupakan bagian dari kreatifitas iklan yang kurang dan tidak mencerminkan perlakuan yang memanusiakan manusia.

(eginamakoe.medkoadkomunika.X-Pressi Class.bonaparte_france@yahoo.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s