bang yos : branding

Masa pemilihan umum untuk legislatif dan eksekutif di Indonesia masih sangat jauh. Satu tahun lebih ke depan baru akan dilangsungkan. Namun, bagi para politisi baik personal maupun yang memiliki mesin politik, sudah saatnya untuk melakukan konsolidasi terpadu dalam menggerakan struktur organisasi dan program kerjanya untuk pemenangan pemilu di ruang politik bagi selurh rakyat Indonesia.
Sutiyoso selaku Gubernur DKI Jakarta yang akan digantikan oleh wakilnya Fauzi Bowo sudah mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai Bakal Calon Presiden Republik Indonesia untuk pemilihan umum 2009.
Melalui mesin birokrasinya, Bang Yos yang menjadi panggilan akrab mantan Pangdam Jaya di era Orde baru ini telah melancarkan program campaign-nya. Didengungkan melalui iklan layanan masyarakat dari Biro Humas dan Protokoler DKI Jakarta bahwa ia selaku Gubernur DKI Jakarta selama dua periode merupakan sosok pembangun yang solutive bagi Jakarta.
Menurut Maria Wongsonagoro direktur IPM yang dikutip dari buku Effective Branding Konsep dan Aplikasi Pengembangan Merek yang Sehat dan Kuat (Soehadi, 2005: 62), personal branding sebenarnya adalah upaya untuk membangun dan menanamkan persepsi positif untuk mendapatkan dukungan.
Iklan layanan masyarakat ini pun secara tidak langsung menjadi salah satu strategi untuk membangun personal branding bagi Bang Yos. Efek yang diharapkan dari iklan tersebut adalah menangkap simpati masyarakat untuk mendukung dirinya di pemilu mendatang. Melalui penayangan kesuksesan dengan dukungan copy writenya, pesan yang timbul sangat positive dan berkesan baik sebagai tokoh yang patut untuk dipilih.
Maka, untuk selanjutnya adalah bagaimana khalayak sebagai target audience media massa menyikapi kampanye yang sudah dilancarkan oleh Founding Father Persija Ini.
(eginamakoe.medkoadkomunika.X-Pressi Class.bonaparte_france@yahoo.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s