Mengiklankan Olahraga – Mengolahragakan Iklan

Mengiklankan Olahraga, Mengolahragakan Iklan
Sepakbola merupakan salah satu cabang olah raga yang paling diminati masyarakat dunia khususnya di Indonesia. Situasi tersebut didukung oleh terbentuknya ruang industri di ranah persebakbolaan.
Terlihat pada proses jual beli pemain, penjualan merchandise hingga investasi terhadap klub sepakbola hingga hak siar dalam penayangan agenda pertandingan. Pundi – pundi rupiah pun mengalir dengan derasnya kepada pihak penyelenggara, klub sepakbola, pengiklan hingga pedagang asongan.
Hal ini didukung oleh daya tarik sepak bola sebagai olahraga yang memiliki karakteristik pendukungnya yang unik. Para pendukung sepakbola sangat besar dari segi kuantitas, tidak terbatas dan memiliki tingkat loyalitas yang tinggi terhadap klub yang didukungnya.
Dua raksasa penghasil rokok, Djarum dan Dji Sam Soe menjadi sosok produsen yang sangat aktif dalam mengelola sepakbola sebagai saluran komunikasi pemasaran mereka dan memanfaatkan loyalitas massa pendukung olahraga ini.
Penyelenggaraan Liga dan Copa menjadi ajang bagi keduanya untuk memperlihatkan superioritas merk yang mereka miliki. Format pertandingan dan penayangannya merupakan medium dalam mengkomunikasikan merek mereka masing-masing.
Perencana komunikasi pemasaran dari kedua belah pihak pun sangat jeli dalam merancang aktivitas below the line-nya dalam mengefektifkan pesan komersialnya. Jarak antara merek dan konsumen pun berusaha dihilangkan dengan pendekatan psikologi yang atraktif. Interaksi merek dengan konsumen diupayakan melalui aspek hiburan yang diusuguhkan di setiap pertandingan sepakola.
Pendekatan tersebut terlihat dari penayangan pertandingan di stasiun TV swasta yang menghadirkan presenter yang sagat komunikatif, komentator yang piawai dalam membawakan tayangan pertandingan hingga kuis dengan hadiah yang menggiurkan.
(eginamakoe.medkoadkomunika.X-Pressi Class.adi_negara@plasa.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s