KITAB PERADABAN

Kitab Peradaban

balikin oh oh balikin
kehidupanku yang seperti dulu lagi
balikin oh oh balikin
kebebasanku yang seperti dulu lagi
(Slank – Balikin)

Syair tersebut cukup menggugah pemikiran. Memiliki relasi yang sangat kuat dengan terbelenggunya kebebasan setiap manusia sebagai makhluk berfikir.
Kebebasan kita sebagai anggota masyarakat yang harusnya memiliki kebebasan dalam berfikir, bersikap dan bertindak ternyata telah direnggut oleh suatu kekuatan yang sangat dahsyat.
Media massa. Kekuatan yang menggurita dalam semua lini kehidupan dengan kedigdayaannya mampu mendominasi relung pemikiran manusia. Hegemoni pemikiran melalui kekuatan pesannya menstimuli akal dan fikiran manusia untuk bertindak sesuai dengan agenda yang mereka (media massa) rencanakan.
Sruktur pesan dirancang sedemikian rupa hingga pada akhirnya massa mampu dikuasai. Dua professor jurnalisme Maxwell E. McCombs dan Donald L. Shaw pada tahun 1972 berpendapat bahwa media massa merupakan sebuah media penyampai pesan yang memiliki pengaruh sangat besar dalam menggerakkan sikap dan prilaku khalayak.
Persepsi masyarakat dibentuk oleh informasi yang disampaikan secara massal oleh media massa secara simultan. Kesepakatan umum pun tak terhindarkan, diakibatkan oIeh media massa yang mengelola isyu dengan manajemen komunikasi yang apik.
Tidak salah apabila kebebasan berfikir setiap anggota masyarakat merupakan sebuah hal yang sangat absurd ketika media massa dengan kedigdayaannya menjadi kitab peradaban baru.
(eginamakoe.medkoadkomunika.X-Pressi Class.adi_negara@plasa.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s