iklan penghalusinasi

Iklan : Penghalusinasi

Oleh: eginamakoe

Kapitalisme, dalam pemaknaan akumulasi modal dalam mendistribusikan hasil produksinya menggunakan media periklanan sebagai alat yang mengkampanyekan produk tersebut kepada khalayak.

Dengan kreatifitas yang imajinatif maka disebarkanlah “suara-suara” produksi ke tengah-tengah masyarakat. Berbagai produk membanjiri pasar hingga sebuah produk yang sama kegunaannya namun beragam merek menjadi pilihan khalayak.

Iklan, secara sporadis menyerang pola berfikir manusia dan mengakibatkan abrasi kebudayaan menyeret kepada budaya konsumtif.

Tak heran bila ada pepatah besar pasak daripada tiang. Ironinya, masyarakat seakan-akan terhipnotis hingga bila ada produk baru keluar, maka dengan cepatnya masyarakat mendatangi store yang menjual produk baru tersebut.

Iklan merupakan senjata paling ampuh dalam membujuk masyarakat untuk membeli sebuah produk dikarenakan dalam media periklanan diterapkan sejumlah teori psikologi hingga stimulus yang tersirat dalam sebuah iklan dapat cepat merangsang proses berfikir, bukan lagi proses berfikir individu namun kolektif.

Sisi negatif dari iklan-iklan yang berseliweran di berbagai media baik cetak maupun  elektronik, ada beberapa hal yang patut kita kritisi dari periklanan. Terkadang iklan-iklan yang ada tidak mengindahkan kajian etis dan estetis serta selalu berlindung dalam jubah seni, menampilkan bintangnya dengan busana dan gaya seronok memiliki dampak negatif bagi moral masyarakat.

Tragis, pengawasan publik untuk menseleksi iklan-iklan yang memiliki dampak negatif baik secara implisit maupun eksplisit sangat lemah. Pengawasan individu maupun kelembagaan dapat dikatakan tidak ada, maka sangat mungkin pesan komersial yang miskin kreatifitas tersebut menjadi bebas bermain di berbagai dan beragam media massa.

Memang, masyarakat kita belum mampu menganalisa penyajian iklan dengan pesan-pesan tersirat, namun bila kesederhanaan penyajian iklan dikolaborasikan dengan kaidah etis dan estetis maka pengkaburan makna seni pun tidak akan terjadi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s