manusia seimbang

Manusia Seimbang

By : eginamakoe

 

Dalam keseharian, kita menjalani kehidupan ditengah-tengah masyarakat yang sangat beragam, baik dari adapt, budaya maupun karakter berfikir. Kita selalu dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut.

Tetapi, pada kenyataannya, terkadang kita menemukan berbagai kesulitan dalam proses adaptasi tersebut. Konflik pun selalu terjadi, dan biasanya, bagi para pelajar yang berusia muda, hal ini sangat berdampak serius karena dapat menimbulkan efek yang sangat negative.

Untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berada di luar diri kita, diperlukan sebuah keseimbangan diri.

Prakteknya, dalam mencari keseimbangan diri diperlukan berbagai hal, yakini :

š Kekuatan Mental

Ketika kita memiliki kekuatan mental, berbagai rintangan dan hambatan mampu kita atasi tentunya dengan membangun kepercayaan diri kita.

š Berfikir Positif

Dalam hal ini, kita harus bisa menggunakan akal fikiran kita dalam menerima tantangan dan rintangan yang terjadi di hadapan kita. Ketika kita berfikir positif, maka kita sangat mudah untuk mencari sebuah solusi .

š Adaptif

Proses yang terjadi menuntut kita untuk mampu menyesuaikan diri, namun kita pun harus bisa memilah-milah. Mana yang baik untuk kita terima, dan mana yang buruk untuk kita tolak.

š Bangkit dari Kelemahan

Terkadang kita sangat kaget dan Shock untuk menerima kenyataan yang terjadi. Bangkit dari kelamahan dimaksudkan untuk bisa menerima kenyataan dengan lapang dada kemudian kita harus bisa berdiri di atas dua kaki kita !!! Yang jelas, didalam diri kita terdapat kutub negative dan positif, maka kita harus mampu mengelola kedua kutub tersebut. Tidak aneh pada satu waktu kita menjadi malaikat dan waktu lainnya kita mnejadi orang yang sangat jahat. ( X-Pressi Class. email : adi_negara@plasa.com )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s